Selasa, 04 Oktober 2016

Tools IT Audit

Ø  Tools IT Audit
Tools yang dapat digunakan untuk membantu pelaksaan Audit Teknologi Informasi. Tidak dapat dipungkiri, penggunaan tool – tool tersebut memang sangat membantu Auditor Teknologi Informasi menjalankan profesinya, baik dari sisi kecepatan maupun akurasinya.
Berikut beberapa software yang dapat dijadikan alat bantu dalam pelaksanaan audit teknologi informasi.
a.                   ACL
ACL (Audit Command Language) merukapa software CAAT (Computer Assisted Audit Techiques) yang sudah sangat popular untuk melakukan analisa terhadap data dari berbagai macam sumber.
ACL for Windows (Sering disebut ACL) adalah sebuah software TABK (Teknik Audit Berbasis Komputer) untuk membantu auditor dalam melakukan pemeriksaan di lingkungan sistem informasi berbasis komputer atau pemprosesam data elektronik.
b.              Picalo
Picalo merupakan sebuah software CAAT (Computer Assisted Audit Techiques) seperti halnya ACL yang dapat digunakan untuk menganalisa data dari berbagai macam sumber. Picalo bekerja dengan mengunakan GUI Front End.
Kegunaannya :
·          Menganalisa data
·         Mengimport file Exceel, CVS dan TSV ke database
·         Analisa event jaringan yang iteraktif
·         Mengimport email
·         Menanamkan control
c.              Powerteech Compliance Assessment
Merupakan audit tool yang dapat dipergunakan untuk mengaudit dan membenchmark user acces to data, publick authority to libraries, user security, system security, system auditing dan administrator right.
d.             Nipper
Merupakan audit atutomation software untuk mengaudit dan menbenchmark konfigurasi router yang berbasis open source.
e.              Nessus
Merupakan sebuat vulnerability assessment software untuk mengecek tingkat vulnerabilitas suatu sistem.
f.       Metasploit
Merupakan sebuah penetration testing tool yang digunakan untuk mencari celah keamanan.
g.        NMAP
Merupakan open source ulity untuk melakukan security auditing untuk mengekspolrasi jaringan, banyak administrator  menggunakan aplikasi ini untuk menemukan banyak fungsi dalam inventori jaringan
h.         Wireshark
Merupakan apliasi analisa network protocol paling digunakan di dunia yang bisa mencapture data dan secara interaktif menelusuri lalu lintas yang berjalan pada jaringan komputer, berstandarkan de facto dibanyak industry dan pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar